Tiap-tiap orang pasti pernah “ngupil”. Kesukaan “ngupil” ini tergolong menyenangkan, dan rupanya hampir dikerjakan oleh tiap-tiap orang tanpa memperhatikan umur. Meskipun ada yang menyebut “ngupil” merupakan kesibukan yang berguna dan mengasyikkan, melainkan ada pula yang menyebut “ngupil” merupakan perilaku manusia yang diukur negatif, jorok, dan membahayakan.

Manfaat Dan Bahaya Kebiasaan Mengupil

Apa itu Mengupil?

“Ngupil” (dalam bahasa Inggris : boogies, bogeys) merupakan kesibukan manusia membersihkan kotoran atau benda asing yang ada dalam hidung. Membram mukosa di rongga hidung akan diciptakan dan diproduksi terus menerus tiap-tiap hari, yang akan mengering sebab kelembanan udara, dan menyusun padatan yang kita ucap upil. Sekreta yang kering ini akan melekat pada rambut kecil (silia) di rongga hidung.

Kecuali itu, lendir yang mengering dan mengeras ini lazimnya akan menyebabkan sensasi iritasi yang menimbulkan rasa gatal. Sensasi itulah yang memicu orang untuk mengupil. Tradisi mengupil kerap disebut sebagai rhinotillexomania.

Alasan Tradisi Mengupil

Alasan seseorang “ngupil” ada bermacam ragam. Berakhir ini menyangkut perilaku psikis yang tak disadari seperti dikala sedang bengong atau sedang memikirkan sesuatu. Sama seperti kecenderungan orang menggigit kuku atau mengisap jempol yang tanpa sadar dikerjakan di daerah lazim. Kegiatan mengupil berkaitan dengan perasan negatif yang mengganggu pikiran seseorang sehingga tidak sadar manusia menjalankannya di depan lazim.

Kecuali itu, hidung lazimnya mempunyai sensitifitas sendiri kepada stimulasi dari luar. Hidung gampang teriritasi oleh bahan-bahan yang memicu seperti bahan kimia, bau-bauan, polusi udara, atau zat yang memicu alergi lainnya. Dikala hidung teriritasi karenanya akan muncul rasa gatal, bersin, pun mengarah ke gejala flu.
Manfaat Mengupil Dari Prof. Dr. Friedrich Bischenger
Prof. Dr. Friedrich Bischenger, seorang dokter spesialis paru dari Austria, berpendapat bahwa mengupil adalah salah satu cara sehat untuk kesehatan hidung. Hidung akan bertambah sehat, bersih, dan tubuh akan merasa nyaman. Jari kita efektif dapat mencapai tempat yang tidak bisa dicapai oleh sapu tangan. Hidung Anda akan jadi lebih bersih.

Dr. Scott Napper
Bahkan mengupil dikatakan Dr. Scott Napper, ahli Biokimia dari University of Saskatchewan, Kanada, bukanlah suatu tindakan yang jorok tetapi justru sebaliknya. Pembersihkan upil (mengupil) akan mengurangi kotoran dan bakteri yang terperangkat dalam kotoran yang mengering tersebut dan akan memperlancar pernafasan.

Bahkan mengupil disarankan dilakukan setiap hari untuk kesehatan hidung. Ungkapan senada dikatakan juga oleh Sidney Tarachow dari State University of New York, yang mengatakan mengupil sebagai aktifitas yang berguna.

University of Winsconsin, di Dane County, Winsconsin, Amerika Serikat
Penelitian yang dilakukan University of Winsconsin, di Dane County, Winsconsin, Amerika Serikat, yang melibatkan 200 orang partisipan mendapatkan kenyataaan bahwa mengupil dilakukan secara universal oleh sebagian besar manusia. Sekitar 91% responden mengupil untuk membuang kotoran yang ada di hidung.

Manfaat Lainnya

1. Sehat dan Lebih Bahagia
Berdasarkan seorang Professor yang bernama Profesor Dr Friedrich Bischinger, seorang spesialis atau pakar paru-paru dari Austria, mengupil hidung anda dan memakannya merupakan salah satu sistem terbaik untuk dapat konsisten sehat, demikian menurutnya. Beliau juga menambahkan bahwa orang yang ngupil menerapkan jarinya sendiri (parah emang, orang mana yang berharap ngupil idung kita hahahaha), akan hidup lebih sehat, bergembira dan lebih nyaman dengan situasi tubuh mereka.

2. Ngupil Memperkuat Metode Kekebalan Tubuh
Ia juga menambahkan kalau memakan upil dari hasil mengupil anda merupakan sistem yang baik untuk memperkuat metode kekebalan tubuh anda. Secara medis hal itu amat masuk nalar dan merupakan amat natural untuk dikerjakan. Dalam terminologi metode kekebalan tubuh, hidung merupakan sebuah saringan yang menyelesaikan kuman yang terkumpul. Saat campuran upil dan kotoran ini hingga di usus, karenanya manfaat upil ini akan berprofesi seperti obat.

3. Menghilangkan iritasi
Hidung mempunyai kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Dikala hidung mengalami iritasi, karenanya akan muncul rasa gatal dan kemauan untuk menggaruk melewati sistem mengupil.

4. Untuk menghilangkan sekresi hidung
Saat sedang pilek, infeksi sinus dan alergi dapat menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membikin seseorang susah bernafas. Maka seseorang akan mengupil untuk membikin nafasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.

Bahaya Tradisi Mengupil

Meskipun ditemukan ada manfaat yang dapat kita ambil dikala seseorang mengupil, ada juga imbas yang berbahaya bagi tubuh. Malah dalam sebagian hal  mengupil dapat mengarah ke kematian.

1. Gampang Terkena Flu
Virus flu ialah ragam penyakit menular melewati udara dan banyak sistem lainnya. Salah satunya dapat ditularkan oleh diri sendiri melewati tangan yang dekil. Apabila terinfeksi flu, lazimnya akan berlanjut hingga ke gatal-gatal hidung, radang tengorokan, bersin-bersin dan akibatnya terserang flu-pilek. Tangan yang tak bersih (tak higienis) dapat menjadi medium infeksi pada rongga hidung.

2. Rambut Hidung Rontok
Rambut silia berfungsi menyaring debu, kuman dan virus patogen, serta benda-benda asing yang masuk ke rongga hidung. Tanpa silia seluruh ragam penyakit patogen yang menyebar melewati udara bisa masuk dengan leluasa ke tubuh. Masuknya jari dikala “ngupil” ke rongga hidung berisiko dapat merontokkan silia hal yang demikian.

Silia akan menipis dan berangsur menghilang sama sekali. Tanpa silia (sebagai saringan natural) karenanya virus dan kuman akan gampang masuk ke dalam tubuh.

3. Mimisan
Jari dengan kuku tajam, memang memudahkan untuk mencongkel sekreta kering yang melekat. Tetapi rongga hidung rawan terluka imbas terkena kuku panjang. Di rongga hidung terdapat pembuluh darah, kalau mengenai pembuluh darah karenanya akan terjadi mimisan. Darah akan keluar dari luka yang terjadi.

4. Bahaya Meningitis
Hati-hati dikala mengupil, sebab kalau terlalu dalam mengorek akan meraba sinus komponen dalam yang berdekatan dengan otak. Ada tulang yang disebut sebagai tulang ethmoid yang memisahkan hidung dan otak. Kalau dikala mengupil tak hati-hati, karenanya akan menikam tulang ini. Kesudahannya cairan di otak akan bocor dan dapat menyebabkan meningitis, yakni radang selaput pelindung metode saraf sentra.

Kiat Mengupil Supaya Tak Bahaya

Bagi yang terbiasa mengupil, rupanya kesibukan ini ada manfaatnya asal dikerjakan dengan benar. Supaya terhindar dari efek negatif dikala mengupil, ada sebagian hal yang sepatutnya Anda lakukan dikala mengupil?.

1. Bersihkan tangan secara khusus dulu
Jangan mengorek hidung terlalu dalam karena dapat mengacaukan fungsi organ. Rongga hidung berkhasiat sebagai saringan kepada masuknya bakteri, kuman dan virus. Kebersihan tangan juga akan menghindarkan ronga hiodung dari infeksi imbas tangan dekil.

2. Spray Hidung
Pakai spray khusus untuk membasahi rongga hidung, umpamanya dengan saline nasal spray supaya kelembaban rongga hidung terjaga. Usahakan rongga hidung terjaga kelembabannya, tak terlalu kering dan juga tak terlalu berair.

3. Potong Kuku
Sebelum mengupil sebaiknya memotong kuku secara khusus dulu supaya tak melukai rongga hidung. Haluskan permukaan kuku sehabis dipotong. Berakhir ini untuk mencegah supaya tak memunculkan infeksi sebab ada kotoran dalam kuku.

4. Jangan Ditarik
Jangan menarik terlalu keras sekreta kering yang diperoleh dikala mengupil, sebab akan berakibat negatif. Lebih bagus hidung dipencet atau digoyang-goyang supaya sekreta kering terkupas dengan sendirinya.

5. Bersihkan Rongga Hidung
Biasakan untuk mengeluarkan ingus dikala pilek dengan tuntas dan tak lagi bersisa. Dengan demikian tak akan tersisa sekreta yang mengering. Usahakan dikala mandi atau wudhu, membersihkan rongga hidung dengan air sampai bersih.

6. Bersihkan Tangan Anjuran Mengupil
terakhir ini, lebih menyangkut pada kesehatan dan budi pekerti sosial. Lakukan sistem mencuci tangan yang bersih, sehabis mengupil.

Baca Juga :
Demikian Penjelasan Cara-Sehat Tentang Manfaat dan bahaya kebiasaan mengupil bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang hidup sehat.

Sumber : Klik Disini

Jika artikel Cara-Sehat ini bermanfaat silakan share/bagikan ke teman atau keluarga agar senantiasa menjaga kesehatan. Terimakasih.