Buang Air Besar (BAB) adalah suatu proses pembuangan sisa-sisa makanan yang sudah diresapi oleh tubuh. Pelaksanaan ini ialah salah satu keperluan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Membuang air besar dapat dihasilkan barometer untuk mengevaluasi apakah kita dalam situasi sehat ataukah tidak.

Tips Lengkap 15 Cara Melancarkan Buang Air Besar Tanpa Obat

Tiap orang mempunyai kultur membuang air besar yang berbeda. Ada orang yang membuang air besar tiap hari, melainkan ada juga yang tiap dua hari. Melainkan, apabila Anda kesusahan untuk membuang air besar, berarti Anda mengalami wasir. Ambeien merupakan merupakan situasi di mana seseorang membuang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Umumnya, wasir terjadi sebab Anda tak mempunyai cukup serat atau air. Pertanda-petunjuk wasir di antaranya merupakan Anda akan kesusahan untuk membuang air besar, feses menjadi keras dan panas, serta perut akan terasa kaku sebab feses terlalu lama menumpuk di usus.


Terjadinya wasir bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat atau terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak, kurang berolahraga, dan kurang minum. Melainkan, sedangkan terkesan remeh, wasir konsisten bisa mengganggu fokus Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari.
Sebab membuang air besar ialah salah satu cara metabolisme yang amat penting bagi tubuh, ada pantasnya kita senantiasa menjaga supaya kita senantiasa rutin melaksanakannya.

Baca Juga :

Berikut ini sebagian metode natural untuk menolong melancarkan membuang air besar :

1. Perbanyak makan makanan berserat
Anda pasti tak jarang mendengar bahwa orang yang mengalami wasir mesti perbanyak konsumsi serat. Kongkritnya, hal hal yang demikian merupakan rekomendasi yang benar sebab konsumsi serat memang bisa menolong memegang gerakan usus dengan meresap air ekstra dan menolong untuk menyusun tinja.

Kecuali itu, kandungan serat pada makanan yang Anda konsumsi bisa menjaring residu pada saluran usus Anda dan nantinya bisa menstimulasi cara pencernaan Anda untuk seketika membuang air besar.
ayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, ialah makanan kaya serat diantaranya :
  • Pepaya

Buah yang berasal dari meksiko ini banyak mengandung vitamin A yang amat bagus untuk kesehatan mata. Kecuali itu, buah ini juga bermanfaat untuk menolong melancarkan cara kerja membuang air besar, apalagi dikala kita sedang menderita wasir.
  • Bayam

Tanaman ini ialah salah satu ragam bahan makanan berserat dan makanan yang mengandung zat besi. Kandungan seratnya amat bagus untuk menolong supaya situasi pencernaan konsisten sehat.
  • Kubis

Kubis ialah salah satu ragam sayuran yang kaya akan serat dan banyak mempunyai kandungan vitamin A, B, C, dan E. Sebab itulah tanaman ini amat bagus untuk menolong melancarkan membuang air besar serta bisa menolong mengobati wasir.
  • Wortel

Variasi sayuran ini banyak mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium, sehingga amat bagus dipakai sebagai komplemen nutrisi yang diperlukan tubuh kita. Kegunaan wortel antar alain merupakan untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, menolong mencegah penyakit kanker, serta serat yang terkandung didalam wortel amat bagus untuk memecahkan wasir atau sulit membuang air besar.
  • Kacang-kacangan

Variasi tanaman ini amat kaya akan serat natural dan padat akan gizi, dia amat menolong dalam cara kerja pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan.
  • Ubi jalar. 

Makanan ini betul-betul bagus untuk cara pencernaan anda sebab diperkaya dengan serat makanan yang menolong pengerjaan pencernaan. Kecuali serat, ubi jalar juga mengandung tinggi karbohidrat rumit, vitamin B6 dan C, yang bermanfaat menolong cara pencernaan bekerja dengan bagus. Berdasarkan penelitian terbaru, cyanidins, peonidins dan fitonutrien yang terdapat dalam ubi jalar bermanfaat menolong menurunkan risiko permasalahan kesehatan yang ditimbulkan oleh logam berat dan radikal oksigen.
  • Brokoli. 

Sayur ini mengandung tinggi antioksidan penting yang bermanfaat mencegah kanker, termasuk kanker usus besar. Brokoli juga mengandung serat yang kalau dikonsumsi secara rutin bisa menolong memperlancar buang air besar. Sekiranya anda menyukai makan brokoli mentah, itu lebih bagus sebab kandungan nutrisinya masih terjaga dengan bagus, tetapi memasaknya sejenak juga tidak permasalahan, sebab kandungan serat dalam brokoli tidak akan hilang melewati pengerjaan memasak, akan tetapi kandungan vitamin di dalamnya mungkin akan sedikit menurun.
  • Kentang. 

Makanan ini betul-betul bagus untuk memperlancar BAB sebab diperkaya dengan serat makanan. Belum lagi kentang juga tinggi mineral penting termasuk zat besi yang menolong mencegah anemia.
  • Buah pisang. 

Buah pisang acap kali dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar sebab memiliki tekstur yang lembut dan mengandung tinggi serat. Kecuali itu, protein dalam pisang juga menolong mengkoreksi dan memelihara jaringan saluran pencernaan sekalian memperlambat pencernaan karbohidrat. Tak cuma itu, pisang juga direkomendasikan bagi penderita diare, sebab menolong mengembalikan elektrolit dan kalium yang hilang ketika mengalami diare.
  • Aprikot

Variasi buah-buahan yang berasal dari spesies subgenus prem ini ialah makanan yang mengandung karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, Beta karoten, Vitamin C dan zat besi. Adapun sebagian fungsi dari buah ini antara lain merupakan menolong memecahkan permasalahan pencernaan (seperti sulit membuang air besar / wasir), meningkatkan kesehatan mata, serta menolong untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

Buah yang termasuk suku labu-labuan atau cucurbitaceae ini amat kaya akan gizi dan vitamin. Kandungan air dalam buah ini diandalkan bisa menolong kelancaran cara kerja pencernakan tubuh, adalah bisa menolong melancarkan membuang air besar.

2. Mengonsumsi makanan hasil fermentasi
Yogurt ialah olahan dari susu ataupun kacang kedelai lewat tahap fermentasi kuman. Bahan pangan ini kaya akan vitamin, kalium, fosfor, riboflavin, yodium, dan seng. Kuman pada yogurt bisa menolong memberikan keseimbangan mikroflora dalam usus, sehingga amat baik untuk menolong cara kerja pencernakan.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung minyak sehat
Mencampurkan minyak ikan maupun minyak zaitun bersama dengan buah dan sayuran dalam menu makanan sehari-hari bisa menolong mengobati wasir secara natural tanpa mesti memakai obat pencahar.

4. Perhatikan apa yang Anda makan
Salah satu penyebab terjadinya wasir merupakan sebab apa yang Anda makan, di antaranya merupakan kurangnya asupan vitamin B12 dalam makanan yang Anda konsumsi. Sebagian makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memperlancar membuang air besar merupakan buah kiwi, jeruk, oatmeal, bayam, lidah buaya, kacang, yogurt, kopi, nasi.

Menurut sebuah studi, dikenal bahwa orang yang mengonsumsi nasi bisa mengurangi risiko terjadinya wasir. Kecuali itu, konsumsi kopi dikala Anda wasir bisa menstimulasi gerakan dalam usus Anda, meningkatkan peredaran dan daya ingat otak Anda.

5. Perbanyak minum air putih
Salah satu imbas dari wasir merupakan tinja kering. Oleh sebab itu, untuk memperlancar membuang air besar, Anda perlu memperbanyak minum air putih sebab konsumsi air putih bisa mempermudah tinja untuk keluar.  Melainkan, Anda mesti menghindari minuman dieuretik seperti minuman berkafein (kopi dan soda) serta minuman memabukkan dikala Anda mengalami wasir sebab bisa menyebabkan kehilangan cairan lewat peningkatan membuang air kecil dan akan memperburuk wasir. Minuman yang disarankan dikala Anda mengalami wasir merupakan jus seperti jus apel atau pir dan teh herbal.

6. Mengurangi konsumsi kafein
Kafein yang terkandung dalam bahaya kopi, teh, serta minuman bersoda sebetulnya akan memberikan efek buruk bagi kita, salah satunya merupakan tubuh akan mengalami dehidrasi yang akibatnya akan mengakibatkan wasir. Oleh sebab itu, ada pantasnya apabila kita menghindari konsumsi kafein supaya cara pencernakan kita konsisten terjaga sehat.

7. Olahraga secara teratur
Gerakan aerobik seperti lari, jogging, ataupun berenang bisa menolong menjaga cara pencernaan kita konsisten dalam situasi yang sehat. Olahraga bisa menstimulasi performa otot-otot di dalam usus sehingga menolong tinja untuk bergerak keluar dengan pesat.

8. Menghindari duduk yang terlalu lama
Ambeien bisa diakibatkan sebab kita terlalu lama duduk. Untuk itu,  usahakan untuk berdiri sebentar dan menjalankan gerakan ringan sesudah kita terlalu lama duduk.

9. Membiasakan diri untuk membuang air besar tiap hari
Kadang-kadang sebab sebuah aktivitas, kita mesti menunda aktivitas membuang air besar yang sebetulnya telah terasa. Jikalau hal ini terus menerus dijalankan, kemungkinan besar pengaruh wasir akan menyerang kita. sesibuk apa saja anda, sebaiknya tak menunda-nunda membuang air besar semacam itu terasa. Jangan menunda semacam itu terasa berkeinginan membuang air.

10. Hindari stres
Metode pencernaan Anda rupanya amat peka kepada stres, dan wasir merupakan salah satu respons sistim pencernaan kepada stres. Oleh sebab itu, cobalah untuk menjalankan hal yang Anda senangi supaya bisa mengurangi tingkat stres, salah satunya merupakan dengan berdendang, berenang, pergi nonton, atau hobi Anda lainnya.

11. Makan perlahan-lahan. 
Mengunyah makanan dengan perlahan-lahan  akan menolong tubuh menyerap nutrisi dengan total. Sebaliknya, Sekiranya terburu-buru ketika mengunyah makanan tubuh tidak akan memposes makanan dengan benar sehingga pengurain nutrisi akan lebih susah, pengaruhnya kita akan mengalami kesulitan ketika BAB. Kecuali itu, kombinasikan antara makanan tinggi karbohidrat dan serat untuk mengurangi bobot pada tubuh dan mempercepat pencernaan.

12. Detoksifikasi tubuh. 
Melakukan detoksifikasi tubuh yaitu cara yang bagus untuk memperlancar BAB. Ada banyak makanan yang bisa dipakai untuk membersihkan usus besar diantaranya seperti lidah buaya. Jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi natural yang ketika dikonsumsi akan menolong pengeluaran racun dari tubuh sekalian menenangkan peradangan internal pada lapisan pencernaan. Kecuali bergunan untuk memperlancar buang air besar, detoksifikasi juga bermanfaat mencegah penyakit membahayakan termasuk kanker.

13. Hindari makan ketika tertekan. 
Adrenalin, yang diproduksi oleh tubuh ketika dalam kondisi stres, akan memperlambat aliran darah ke perut, sehingga relaksasi otot dan usus akan menyebabkan pencernaan menjadi lamban. Hindari juga mengonsumsi makanan berat ketika anda berada di bawah tekanan.

14. Hindari tidur sesudah makan. 
Untuk memperlancar BAB usahakan anda tidak segera tidur sesudah makan. Tidur sesudah makan bisa menyebabkan pengerjaan pencernaan menjadi kacau sehingga makanan tidak bisa diporses dengan seharusnya. Untuk menghindari hal ini sebaiknya lakukan kegiatan ringan sesudah makan.

15. Jangan Suka Menahan buang air besar
Kian tak jarang Anda membendung membuang air besar, kian besar risiko Anda untuk mengalami wasir. Oleh sebab itu, dikala Anda merasa mesti membuang air besar, karenanya, segeralah pergi ke kamar mandi untuk membuang air besar.

Anda bisa mencoba sebagian kiat diatas untuk memperlancar membuang air besar. Melainkan, apabila sesudah mencoba sebagian kiat diatas selama tiga pekan dan situasi Anda tak membaik, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab sulit buang air besar 
  • Akibat kurang mengkonsumsi makanan beserat
  • Tidak mendapatkan cukup air putih
  • Managemen stres yang buruk
  • Kurangnya aktivitas fisik 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayur
  • Terburu-buru menelan makanan
  • Melampiaskan kesedihan dengan banyak makan
  • Makan karbohidrat secara berlebihan
  • Tidur setelah makan
  • Terlalu banyak duduk
Kondisi buang air besar yang sehat

1. Frekuensi Buang Air besar

Keadaan kesehatan kita, bisa dilihat debgan frekuensi buang air besar yang kita lakukan selama ini. Sekiranya kita rutin sehari sekali menjalankannya, itu bisa menandakan bahwa pencernakan kita pada kondisi yang bagus dan sehat. Sebaliknya kalau kita cuma mengerjakan buang air besar sebagian hari sekali atau malahan dalam sehari kita terlalu acap kali buang air besar, itu berarti kondisi pencernakan kita sedang kurang sehat atau buruk.

Dapat buang air besar bisa menandakan bahwa kita sedang mengalami wasir, sedangkan keseringan buang air besar berarti kita sedang mengalami diare, dan ini bisa berimbas dehidrasi pada tubuh kita.

2. Warna tinja (fases)
Warna kotoran yang kita keluarkan ternyata juga bisa memberikan berita kesehatan tubuh kita, umpamanya :
  1. Warna tinja atau feses kuning muda hingga menengah – itu menandakan bahwa kita dalam kondisi yang sehat.
  2. Warna tinja atau feses hitam atau merah terang – menandakan kita sedang mengalami perdarahan dalam cara pencernakan, imbas obat-obatan ataupun suplemen. Segeralah menghubungi dokter kalau hal itu terjadi.
  3. Warna feses atau tinja berwarna putih, pucat atau abu-abu  – Menandakan menandakan bahwa kita sedang kekurangan zat empedu yang bisa menandakan sebagian jenis penyakit seperti hepatitis, sirhonis hati, gangguan kelenjar pankreas, tau gangguan saluran empedu.
  4. Kotoran yang kita keluarkan berwarna kuning – Sekiranya bahwa kita sedang mengalami gangguan infeksi parasit giardia, atau terjadi permasalahan pada kantung empedu.
  5. Feses berwarna hijau – menandakan bahwa kita sedang mengalami infeksi sebab kuman, peradangan usus, yang lama kelamaan akan mengakibatkan diare. Akan tetapi warna hijau tersebut bisa jadi sebab kita yaitu seorang vegetarian, sehingga zat klorofil yang terkandung dalam sayuran hijau, yang kita makan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh terbawa oleh kotoran yang kita keluarkan.
3. Bentuk tinja
Sekiranya kita sehat, maka kotoran yang kita keluarkan lazimnya tidak terlalu keras ataupun tidak terlalu lembek. Biasanya kalau kotoran kita kecil-kecil seperti batu kerikil, keras serta kering itu menandakan bahwa kita sedang mengalami wasir, sedangkan kotoran yang terlalu cair menandakan kalau kita sedang terkena diare.

4. Bau yang dikeluarkan
Kotoran yang sehat tidak disertai dengan bau yang menyengat ketika kita mengeluarkannya. Sedang bau yang seperti itu menyengat ketika kita sedang buang air besar bisa menandakan sebagian jenis gangguan kesehatan yang sedang kita natural, seperti:
  1. Gangguan absorpsi makanan oleh tubuh
  2. Gangguan celiat, yaitu sebuah gangguan cara metabolisme tubuh yang ditandai dengan perut kekenyangan, muntah, kotoran berwarna pucat, dan mengambang di permukaan air.
  3. Gangguan crohn, yaitu sejenis penyakit kronis yang terjadi pada usus besar. Sekiranya ditandai dengan gejala diare, mual, nyeri perut, dan penurunan berat badan.
  4. Gangguan penyakit bawaan, Gangguan ini biasa disebut kistik fibrosis pada kelenjar mukosa dan kelenjar keringat.
5. Proses pembuangan
cara pencernakan kita dalam kondisi sehat, lazimnya kita tidak akan mengalami kesulitan pada ketika buang air besar. Sementara ketika kita sedang mengalami gangguan wasir, lazimnya kita seharusnya mengeluarkan energi untuk mengejan. Terlalu keseringan mengejan bisa berimbas gangguan wasir. Dan kalau kita sedang mengalami diare, terkadang kita seharusnya bolak-balik ke kamar kecil.

Baca Juga :

Demikian Penjelasan Cara-Sehat Tentang tips lengkap 15 cara melancarkan buang air besar tanpa obat bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang hidup sehat.

Sumber : Klik Disini

Jika artikel Cara-Sehat ini bermanfaat silakan share/bagikan ke teman atau keluarga agar senantiasa menjaga kesehatan. Terimakasih.